Cara Menghitung Biaya Cat Rumah

Jenis Cat Nippon Paint

Dalam melakukan pengecatan rumah, budget atau biaya harus menjadi pertimbangan utama. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menghitung biaya cat rumah agar efektif.

Bagaimana Cara Hitung Biaya Cat Rumah dan Perlengkapannya?

Bagi sebagian orang mungkin masih merasa kesulitan untuk menghitung biaya pengecatan rumah. Untuk ini, pada artikel ini akan dijelaskan lengkap bagaimana cara menghitungnya. Berikut ini penjelasannya!

Ukur Area yang Akan Dicat

Cara menghitung dan menentukan biaya cat rumah yang akan dilakukan pertama, adalah dengan mengukur bidang dinding atau tembok yang hendak dicat ke dalam satuan luas meter persegi. Usahakan untuk menghitung dengan cemat agar nantinya kebutuhan cat bisa disesuaikan.

Hal ini juga berhubungan erat dengan jumlah cat yang akan dipakai nantinya. Belum lagi, jika menghitungnya kurang tepat, maka akan membuat hitungan biaya cat meleset dari yang ditentukan.

Buat Skala Prioritas

Ketika Anda hendak mengecat rumah, pasti tidak semua bagian akan Anda cat sepenuhnya. Ada beberapa bagian yang tidak akan Anda cat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak menghitung bagian yang tidak dicat ke dalam rencana.

Buatlah skala prioritas mengenai bagian yang akan dicat. Dengan membuat sebuah skala prioritas, Anda pun dapat menentukan tiap bagian yang akan dicat dengan baik dan perencanaan biaya pun jadi lebih terstruktur.

Hitunglah Kebutuhan Jumlah Cat dan Harganya

Biasanya, dalam sekaleng cat yang ukurannya 2,5 liter dapat Anda gunakan untuk mengecat tembok rumah hingga mencapai luas kurang lebih 27 m2. Sebagai contoh, ruangan rumah yang seluas 60 m2 kira-kira akan membutuhkan dua kaleng cat ukuran 2,5 liter.

Namun demikian, pengecatan yang baik selalu dilakukan sebanyak dua kali atau dua lapis. Oleh sebab itu, Anda perlu membeli sekitar 5 kaleng cat untuk mengecat ruangan seluas 60 m2.

Distributor Resmi Propan Indonesia

Biaya cat rumah ukuran 2,5 liter sendiri berkisar di angka 200 ribuan yang artinya tergantung dari merk serta jenis cat. Jika butuh 5 kaleng cat, maka Anda harus merogoh kocek sekitar kurang lebih 1 jutaan untuk sekali proyek pengecatan ini.

Baca Juga : Katalog Produk Cat Rumah Terlengkap

Untuk itu, Anda bisa melakukan survei harga cat terlebih dahulu. Hal ini juga termasuk dasar dalam cara menghitung biaya cat rumah agar bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Hitunglah Biaya Material

Selain membeli cat, tentu saja akan ada perlengkapan lain yang Anda butuhkan selama proyek pengecatan berlansung. Biasanya, dalam proyek pengecatan pasti akan membutuhkan material lain seperti koran bekas atau plastik, isolasi kertas, sealant, terpal, kuas atau rol cat.

Untuk mendapatkan semua material tambahan ini, Anda bisa membelinya di toko bahan bangunan. Apabila ingin menghemat pengeluaran biaya, maka Anda bisa memanfaatkan koran bekas dan plastik yang ada di rumah.

Pastikan juga Anda melakukan survei harga material tambahan ini. Namun, Anda juga bisa membeli material ini bersamaan dengan membeli cat untuk rumah. Biasanya jika membeli banyak Anda akan mendapatkan diskon khusus.

Hitung Biaya Lain-Lain

Dalam menjalankan proyek pengecatan, biaya untuk cat saja masih belum cukup. Anda pun harus menghitung biaya lain-lain yang berhubungan dengan proyek. Apa saja rincian biaya lain-lain ini? Simak penjelasan ini!

Hitung Biaya Tenaga Kerja

Jika nanti saat hendak melakukan proyek pengecatan Anda memilih untuk menyewa jasa tenaga kerja, maka Anda perlu tahu bagaimana hitungan dalam memberi upahnya. Sistem perhitungan upah ini tergantung dari cara yang Anda pilih apakah dibayar harian atau borongan.

Jasa Renovasi Bangunan

Contohnya jika Anda memilih membayar secara harian untuk kurun waktu proyek selama 2 hari, Anda bisa menyewa jasa 2 tenaga kerja. Dua tenaga kerja biasanya dapat mengecat tembok hingga 232 m2 dan upahnya sekitar Rp 100.000,00 per hari per orang tergantung kesepakatan.

Dengan demikian, Anda bisa menyiapkan biaya tambahan untuk hal ini sebesar Rp 200.000,00 sebagai upah tenaga kerja.

Perhatikan Hal yang Tak Terduga

Dalam melakukan proyek pengecatan, tentu ada hal tak terduga lain yang pasti bisa saja terjadi tanpa keinginan kita. Hal tak terduga ini seperti misal adanya kekurangan cat, kuas yang rusak, penutup yang kurang atau waktu pengerjaan yang bertambah.

Oleh sebab itu, dalam cara menghitung biaya cat rumah adanya anggaran biaya tak terduga wajib untuk Anda cantumkan dengan cermat. Hal ini agar nantinya Anda tidak bingung ketika harus melakukan pembayaran tambahan untuk biaya ini.

Dalam melakukan proyek pengecatan, bisa dikatakan tidak selalu berjalan dengan mulus. Biasanya, akan ada saja bagian rumah yang rusak akibat daru cat yang tumpah, perabot yang terciprat cat, dan kejadian lainnya.

Oleh sebab itu sebagai antisipasi, maka akan lebih baik jika Anda memberi biaya tambahan jika sewaktu-waktu hal tersebut terjadi. Selain itu, biaya tambahan untuk hal ini juga bisa menjadi asuransi bilamana terjadi kecelakaan kerja yang tak diinginkan.

Itu tadi beberapa cara menghitung cat rumah yang bisa Anda coba terapkan. Namun, jika Anda ingin proyek pengecatan berjalan dengan lancar dan Anda tinggal terima beres, maka bisa menyewa jasa pengecatan dari Masa Painting sekarang juga.

Masa Painting siap melayani jasa pengecatan terbaik untuk Anda. Di Masa Painting, Anda akan mendapatkan jaminan hasil kerja yang sempurna sesuai harapan. Belum lagi pengecatan dilakukan oleh tim profesional dan Anda akan mendapat penawaran harga yang terjangkau.

Masa Group Indonesia

Whatsapp :
+628113655800 (Toko Cat & Sewa Scaffolding)
+628113635700 (Jasa Renovasi & Pengecatan)

Instagram :
Masa Contractor
Masa Official Store
Masa Scaffolding
Masa Building